Administrasi Transaksi
Pengertian
Transaksi adalah aktifitas perusahaan atau seseorang yang menimbulkan perubahan terhadap posisi harta keuangan perusahaan, seperti menjual, membeli, membayar gaji, membayar telepon, membayar sewa serta membayar biaya-biaya lainnya.
Transaksi adalah aktifitas perusahaan atau seseorang yang menimbulkan perubahan terhadap posisi harta keuangan perusahaan, seperti menjual, membeli, membayar gaji, membayar telepon, membayar sewa serta membayar biaya-biaya lainnya.
Macam-macam Transaksi
1. Transaksi internal adalah transaksi yang terjadi
di adalam suatu organisai atau perusahaan yang hanya melibatkan pihak internal
saja. Seperti: pembayaran gaji pegawai, pembayaran piutang karyawan, dan
lain-lain.
2. Transaksi eksternal adalah suatu transaksi yang
melibatkan pihak luar perusahaan, seperti: transaksi penjualan, pembelian,
pembayaran, dan lain lain.
Administrasi transaksi kegiatan untuk mencatat perubahan perubahan
posisi keuangan sebuah perusahaan yang dilakukan secara kronologis, dengan
metode tertentu sehingga hasil pencatatan dapat dikomunikasikan kepada pihak
lain.
Bentuk bentuk transaksi
a. Transaksi Internal
a. Transaksi Internal
1. Memo
Memo adalah bukti pencatatan antar bagian ataupun menager
dengan bagian-bagian yang ada di perusahaan.
2. Bukti kas masuk
Adalah tanda bukti bahwa perusahaan sudah menerima uang
secara cash ataupun secara cek.
3. Bukti kas keluar
Adalah tanda bukti bahwa perusahaan sudah
mengeluarkan uang tunai, seperti pembayaran gaji pegawai, pembayaran piutang
pegawai.
b. Transaksi Eksternal
1. Faktur
Faktur adalah sebuah bukti transaksi tentang perhitungan
penjaualan barang yang dilakukan secara kredit dan dibuat oleh pihak penjual
untuk disampaikan kepada pihak pembali.
2. Kwitansi
Kwitansi merupakan sebuah bukti tentang
penerimaan uang atas suatu pembayaran barang ataupun lainnya.
3. Nota debet
Nota debet adalah bukti transaksi tentang
perhitungan atau pemberitahuan yang dikirim oleh suatu perusahaan atau suatu
badan usaha kepada konsumen.
4. Nota Kontan
Nota kontan adalah dokumen yang dibuat dan
dikeluaran oleh penjual kepada pembeli.
Nota kredit adalah bukti transaksi penerimaan
kembali barang yang telah dijual(pengembalian), nota kredit dikeluarkan oleh
pihak penjual kepada pembeli.
6. Cek
Cek bisa diartikan sebagai perintah pembayaran
yang dibuat oleh pihak yang mempunyai rekening disuatu bank.
7. Rekening koran
Rekening koran adalah bukti untuk mutase kas di
bank yang disusun oleh pihak bank untuk para nasabah.
8.Bilyet giro
Bilyet giro adalah sebagai surat perintah untuk
memindahbukukan sejumlah uang dari rekening nasabah suatu bank ke rekening
penerima yang namanya disebutkan dalam suatu bilyet giro pada bank yang sama
atau pada bank lain.
EmoticonEmoticon