Kamis, 18 Oktober 2018

ADMINISTRASI TRANSAKSI


Administrasi Transaksi

Pengertian
Transaksi adalah aktifitas perusahaan atau seseorang yang menimbulkan perubahan terhadap posisi harta keuangan perusahaan, seperti menjual, membeli, membayar gaji, membayar telepon, membayar sewa serta membayar biaya-biaya lainnya.
Macam-macam Transaksi
   1.  Transaksi internal adalah transaksi yang terjadi di adalam suatu organisai atau perusahaan yang hanya melibatkan pihak internal saja. Seperti: pembayaran gaji pegawai, pembayaran piutang karyawan, dan lain-lain.
   2. Transaksi eksternal adalah suatu transaksi yang melibatkan pihak luar perusahaan, seperti: transaksi penjualan, pembelian, pembayaran, dan lain lain.
Administrasi transaksi kegiatan untuk mencatat perubahan perubahan posisi keuangan sebuah perusahaan yang dilakukan secara kronologis, dengan metode tertentu sehingga hasil pencatatan dapat dikomunikasikan kepada pihak lain.
Bentuk bentuk transaksi
a. Transaksi Internal
1. Memo
Memo adalah bukti pencatatan antar bagian ataupun menager dengan bagian-bagian yang ada di perusahaan.
2. Bukti kas masuk
Adalah tanda bukti bahwa perusahaan sudah menerima uang secara cash ataupun secara cek.
3. Bukti kas keluar
Adalah tanda bukti bahwa perusahaan sudah mengeluarkan uang tunai, seperti pembayaran gaji pegawai, pembayaran piutang pegawai.
b. Transaksi Eksternal
1. Faktur

Faktur adalah sebuah bukti transaksi tentang perhitungan penjaualan barang yang dilakukan secara kredit dan dibuat oleh pihak penjual untuk disampaikan kepada pihak pembali.

2. Kwitansi
Kwitansi merupakan sebuah bukti tentang penerimaan uang atas suatu pembayaran barang ataupun lainnya.

3. Nota debet
Nota debet adalah bukti transaksi tentang perhitungan atau pemberitahuan yang dikirim oleh suatu perusahaan atau suatu badan usaha kepada konsumen.



4. Nota Kontan
Nota kontan adalah dokumen yang dibuat dan dikeluaran oleh penjual kepada pembeli.

5. Nota kredit
Nota kredit adalah bukti transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual(pengembalian), nota kredit dikeluarkan oleh pihak penjual kepada pembeli. 

6. Cek
Cek bisa diartikan sebagai perintah pembayaran yang dibuat oleh pihak yang mempunyai rekening disuatu bank.

7. Rekening koran
Rekening koran adalah bukti untuk mutase kas di bank yang disusun oleh pihak bank untuk para nasabah.


8.Bilyet giro
Bilyet giro adalah sebagai surat perintah untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekening nasabah suatu bank ke rekening penerima yang namanya disebutkan dalam suatu bilyet giro pada bank yang sama atau pada bank lain. 


EmoticonEmoticon