Minggu, 04 November 2018

Perencanaan Produk dan Lini Produk



PERENCANAAN PRODUK

  A.    Pengertian perencanaan produk
Perencanaan produk merupakan proses menciptakan ide produk dan mnindak lanjuti sampai produk diperkenalkan ke pasar.

  B.     Proses perencanaan produk
Dalam perencanaan produk terdapat lima tahapan yang harus dilalui untuk membuat produk, yaitu:
   ·         Analisis situasi
Analisis situasi dilakukan pada lingkungan internal maupun lingkungan eksternal , sebelum itu kita mempertimbangkan hal seperti memanfaatkan peluang yang sudah ada. Ada empat tahapan dalam pengembangan produk
a.       Produk baru
b.      Turunan dari produk yang sudah ada
c.       Perbaikan dari produk yang sudah ada
d.      Produk yang pada dasarnya baru

   ·         Mengevaluasi dan memprioritaskan proyek
Dalam hal ini terdapat empat perspektif dasar yang berguna dalam mengevaluasi dan memprioritaskan peluang-peluang bagi produk baru dalam kategori produk yang sudah ada
a.       Strategi bersaing
1.      Kepemimpinan yang berbasis pada teknologi
2.      Kepemimpinan berbasis efisiensi biaya
3.      Focus pelanggan
4.      Produk tiruan
b.      Segmentasi pasar
c.       Perkembangan teknologi
d.      Perencanaa platform produk
e.       Evaluasi peluang produk baru secara fundamental, yang berkriteria:
1.      Ukuran yang besar
2.      Tingkat pertumbuhan pasar
3.      Intensitas persaingan
4.      Pengetahuan perusahaan mengenai pasar
   ·         Pengalokasian sumber daya dan perencanaan waktu
a.       Pengelolaan sumber daya
b.      Penentuan waktu proyek
   ·         Penyelesaian perancangan proyek pendahuluan
Dalam tahap ini dilakukan setelan proyek yang disetujui, kegiatan ini melibatkan tim fungsional silang yang sering disebut dengan tin inti. Pada poin ini pernyataan kesempatan yang lebih sesegera mungkin ditulis kembali sebagai suatu pernyataan visi produk.

  A.    Pengertian Lini Produk
Lini produk adalah sekelompok produk yang berhubungan dan yang diproduksi oleh suatu perusahaan. Lini produk dapat terdiri atas produk yang berhubungan dengan berbagai jenis ukuruan, jenis, warna, kualitas, atau harga. Contoh: suatu produk kosmetik dapat memiliki lini produk bedak dan lipstick, serta lini produk khusus yang ditujukan untuk remaja dan orang tua.

  B.     Klasifikasi Lini Produk
    ·         Line dept (kedalam lini), maksudnya mengapa pada jumlah varian produk dalam sati lini.
    ·         Line Consistensy (konsistenti lini), mengapa pada seberapa dekat hubungan antara produk dalam        satu lini.
    ·         Line vulnerability (tingkat kekuatan lini), mengacu pada seberapa presentasi keuntungna yang              dapat diambil dari seberapa kecil produk dalam satu lini.
    ·         Line of product mix (lini bauran produk), yaitu lini dalam hal satu perusahaan yang memproduksi banyak produk.
    ·         Product line width, perusahaan yang mengeluarkan produk yang berbeda-beda.
    ·         Bauran produk, adalah kumpulan semua produk dan barang yang akan ditawarkan untuk dijual oleh penjual tertentu.


EmoticonEmoticon