PERENCANAAN PRODUK
A.
Pengertian perencanaan produk
Perencanaan produk merupakan proses menciptakan ide produk dan
mnindak lanjuti sampai produk diperkenalkan ke pasar.
B.
Proses
perencanaan produk
Dalam perencanaan produk terdapat lima tahapan yang harus dilalui
untuk membuat produk, yaitu:
·
Analisis
situasi
Analisis situasi dilakukan pada lingkungan internal maupun
lingkungan eksternal , sebelum itu kita mempertimbangkan hal seperti
memanfaatkan peluang yang sudah ada. Ada empat tahapan dalam pengembangan
produk
a.
Produk baru
b.
Turunan dari
produk yang sudah ada
c.
Perbaikan dari
produk yang sudah ada
d.
Produk yang
pada dasarnya baru
·
Mengevaluasi dan
memprioritaskan proyek
Dalam hal ini terdapat empat perspektif dasar yang berguna dalam
mengevaluasi dan memprioritaskan peluang-peluang bagi produk baru dalam
kategori produk yang sudah ada
a.
Strategi bersaing
1.
Kepemimpinan yang
berbasis pada teknologi
2.
Kepemimpinan berbasis
efisiensi biaya
3.
Focus pelanggan
4.
Produk tiruan
b.
Segmentasi pasar
c.
Perkembangan teknologi
d.
Perencanaa
platform produk
e.
Evaluasi peluang
produk baru secara fundamental, yang berkriteria:
1.
Ukuran yang
besar
2.
Tingkat pertumbuhan
pasar
3.
Intensitas persaingan
4.
Pengetahuan perusahaan
mengenai pasar
·
Pengalokasian sumber
daya dan perencanaan waktu
a.
Pengelolaan sumber
daya
b.
Penentuan waktu
proyek
·
Penyelesaian perancangan
proyek pendahuluan
Dalam tahap ini dilakukan setelan proyek yang disetujui, kegiatan
ini melibatkan tim fungsional silang yang sering disebut dengan tin inti. Pada poin
ini pernyataan kesempatan yang lebih sesegera mungkin ditulis kembali sebagai
suatu pernyataan visi produk.
A.
Pengertian
Lini Produk
Lini produk adalah sekelompok produk yang berhubungan dan yang
diproduksi oleh suatu perusahaan. Lini produk dapat terdiri atas produk yang
berhubungan dengan berbagai jenis ukuruan, jenis, warna, kualitas, atau harga. Contoh:
suatu produk kosmetik dapat memiliki lini produk bedak dan lipstick, serta lini
produk khusus yang ditujukan untuk remaja dan orang tua.
B.
Klasifikasi
Lini Produk
·
Line dept
(kedalam lini), maksudnya mengapa pada jumlah varian produk dalam sati lini.
· Line Consistensy
(konsistenti lini), mengapa pada seberapa dekat hubungan antara produk dalam satu lini.
·
Line vulnerability
(tingkat kekuatan lini), mengacu pada seberapa presentasi keuntungna yang dapat
diambil dari seberapa kecil produk dalam satu lini.
·
Line of product
mix (lini bauran produk), yaitu lini dalam hal satu perusahaan yang memproduksi
banyak produk.
·
Product line width,
perusahaan yang mengeluarkan produk yang berbeda-beda.
· Bauran produk,
adalah kumpulan semua produk dan barang yang akan ditawarkan untuk dijual oleh
penjual tertentu.
EmoticonEmoticon